Saturday, March 2, 2013

Arkeolog Berhasil Menemukan Puing Pertama Pemukiman Zaman Yesus

 
   
Nazareth, Tim arkeologi di Israel menyatakan mereka telah menemukan puing-puing suatu pemukiman pertama di Nazareth yang diyakini berasal dari masa Yesus Kristus."Temuan ini memberikan gambaran cara hidup manusia 2.000 tahun silam, zaman yang diyakini orang Kristen sebagai era Yesus tumbuh," kata Otorita Kepurbakalaan Israel.




Seorang juru bicara mengatakan Yesus dan teman-teman masa kecilnya mungkin tahu rumah tersebut. Puing-puing rumah itu ditemukan di dekat lokasi tempat malaikat Jibril diyakini mengabari Maria bahwa dia akan melahirkan Yesus. Tim arkeolog menemukan puing-puing dinding, tempat persembunyian dan pasu untuk menghimpun air hujan.

"Bangunan yang kami temukan kecil dan sederhana dan paling mungkin itu khas pemukiman di Nazareth pada masa itu," kata Yardenna Alexandre dari Otorita Kepurbakalaan, yang mengarahkan ekskavasi.

Dia mengatakan rumah abad pertama itu diyakini menampung suatu "keluarga sederhana Yahudi" dalam dua kamar dan halaman. Dia menggambarkan Nazareth, yang kini kota Arab terbesar Israel dengan jumlah penduduk 65.000 orang, sebagai desa kecil semasa Yesus.

Temuan arkeologi ini diperoleh ketika tukang bangunan menggali halaman sebuah bekas biara untuk membangun pusat lembaga Kristen baru. Pemukiman itu kini menjadi bagian dari bangunan baru yang sedang dibangun oleh kelompok Katholik Roma asal Prancis, Chemin Neuf. (Joe)