Thursday, March 7, 2013

Cara Mengatasi Problem DrWatson Postmortem Debugger Pada Komputer

Suatu ketika, sedang asyik-asyiknya copy-paste film dari flashdisk teman, eh… tiba2 komputer saya terkena virus (Waduh!!! Gawat!!) Tapi untungnya antivirus saya selalu update,
jadi bisa langsung dibersihkan. Tetapi, entah kenapa, sekarang komputer saya terkena gangguan dan sering kali muncul popup Windows Explorer Error dan DrWatson Postmortem Debugger seperti di bawah ini:
Jika saya klik Don’t Send, maka seketika komputer saya menjadi beku alias hang. Satu-satunya jalan keluar yang bisa saya lakukan adalah dengan merestart komputer (ribet lagi kan… :( ).

Saya juga belum tahu munculnya problem-problem tersebut karena virus atau memang komputer saya yang rusak (# lagi-lagi nyalahin komputer… Ganti komputer aja mas!!). Setelah saya googling kesana kemari akhirnya ketemu cara mengatasi masalah tersebut.

Sebelum saya beri tahu cara mengatasinya, perlu diketahui bahwa DrWatson disini bukan temannya Sherlock Holmes (ya iyalah!!!). Bukan juga sebuah virus atau malware. DrWatson akan memberikan error ketika anda sedang browsing melalui Internet Explorer (atau sejenisnya), atau sedang menjalankan suatu program dimana program tersebut crash dan DrWatson ikut crash sehingga mengakibatkan error.
Cara mengatasinya adalah sebagai berikut:

1. Klik Start > Run > ketik regedit > klik OK
2. Buka menu HKEY_LOCAL_MACHINE>SOFTWARE>Microsoft>Windows NT>Current Version>AeDebug


3. Lihat di jendela bagian kanan. Double klik pada Auto, value data diisi dengan 0. Klik OK.


4. Tutup jendela registry Editor, restart komputer anda.
Nah, sekarang dijamin komputer anda tidak akan muncul trouble seperti itu lagi. Jika ada solusi lain, silahkan share pada comment di bawah.(Joe)