Sunday, March 3, 2013

Google Resmi Luncurkan Fitur Sign-in Ala Facebook


Mengikuti tren atau diikuti, itu memang hal yang biasa terjadi tidak hanya dibidang fashion namun di bidang teknologi sekalipun. Adapun Google yang akhirnya mengikuti konsep seperti halnya Facebook dan Twitter yang mana kini membuat tombol Google+ Sign-in yang memungkinkan pengguna internet untuk login di website-website lainnya cukup dengan login ke account Google-nya.


Dari kinerja memang mirip sekali dengan Facebook Connect, yang mana Anda cukup mengisikan username dan password Google+ Anda saja, selanjutnya prosedur otoritas dan sekuritas bekerja membantu Anda untuk login di website tersebut. Setidaknya kini ada 10 website yang sudah menggunakan fitur Google+ sign-in ini seperti Banjo, Beautylish, Fancy, Fitbit, Flixster, The Guardian, OpenTable, ShaZam, TuneIn dan USA Today. Dengan fitur ini perusahaan memastikan akan mengurangi spamming social media, khususnya untuk fitur sharing yang ada di Facebook.
“Sebagai tambahan, Google+ tidak membiarkan aplikasi ini membanjiri updates Anda, jadi aktivitas aplikasi ini hanya akan muncul bila Anda mencarinya.”
Berbeda dengan Facebook maupun Twitter, Google+ menawarkan kemudahan bagi Anda yang sedang login di website yang memiliki aplikasi mobile, maka cukup dengan 1 kali klik saja, Anda dapat mengunduh aplikasi itu ke handset Android milik Anda. Selain itu bila Anda menggunakan fitur sharing dari aplikasi menggunakan Google+ Sign-in maka teman dan kerabat Anda akan dapat melihatnya sebagai post baru, begitu mereka mengklik post tersebut maka mereka akan masuk ke dalam aplikasi tersebut untuk mengunduhnya lebih lanjut.