Monday, March 25, 2013

Manfaat Mengisi Ban dengan Nitrogen


Anda tahu gas Nitrogen kan? Sebetulnya udara yang kita hirup sehari-hari memiliki kandungan Nitrogen (N2) sebanyak 78%, Oksigen (O2) 21%, sisanya adalah uap air, CO2 dan berbagai gas mulia seperti argon dan neon. Pada awalnya gas Nitrogen ini hanya digunakan untuk keperluan balapan, tapi sekarang sudah cukup lumrah mobil biasa pun menggunakan nitrogen, mengingat manfaat mengisi ban dengan nitrogen ini.
Nitrogen memiliki molekul yang lebih padat, sehingga tidak mudah menyusup keluar dibandingkan udara. Hal ini menyebabkan tekanan ban berisi Nitrogen ini lebih awet dibandingkan ban yang diisi udara. Hal ini penting sekali di arena balapan, karena perbedaan tipis saja 0,5PSI sangat berpengaruh pada performa kendaraat saat melewati tikungan.
Kelebihan lain adalah pengisian ban menggunakan Nitrogen ini jauh lebih cepat dibandingkan dengan udara, karena molekulnya yang lebih padat tadi, sehingga menghemat waktu. Wajar saja hal ini penting, karena perbedaan 1/1000 detik akan menentukan siapa pemenang balapan.

Nitrogen memiliki sifat dingin, dan ini membuat suhu bagian dalam ban relatif rendah meskipun telapak ban dalam keadaan panas. Tekanan ban menjadi lebih stabil, sebaliknya kalau ban terlalu panas, maka udara dalam ban akan memuai dan ini bisa menimbulkan ledakan pada ban. Hal lainnya yaitu adanya uap air dalam udara, dan ini merupakan hal yang buruk buat ban, karena mampu membuat korosi pada velg besi maupun alumunium. Adanya uap air ini juga membuat tekanan ban mudah terpengaruh akibat panas. Dan parahnya lagi, kompresor udara yang ada di pinggiran jalan justru tidak dilengkapi dengan filter penyaringan uap air. Sedangkan kalau menggunakan Nitrogen, hal ini ga akan terjadi, karena Nitrogen murni bersifat kering sehingga mampu mencegah korosi.

Apakah ban menjadi terasa empuk saat menggunakan Nitrogen? Hal ini tidaklah berpengaruh, karena jika ban diisi dengan udara pada tekanan 32Psi, atau dengan Nitrogen, atau dengan LPG sekalipun, kekerasan ban akan tetap sama. Dan yang terakhir, mengingat penyedia Nitrogen ini masih jarang, jika terpaksa harus mengisi udara pada ban yang telah diisi Nitrogen, maka lakukan saja, toh kita ga akan merasakan perbedaan berarti selain hal-hal di atas, baru setelah menemukan bengkel yang menyediakan Nitrogen, ban tersebut dikuras anginnya dan diisi dengan Nitrogen murni. Harga mengisi Nitrogen dari nol adalah 10.000, dengan berbagai keuntungan tersebut di atas. Dan biasanya tutup pentil diganti dengan tutup khusus berwarna hijau.