Thursday, July 4, 2013

Yahoo Segera Hapus ID Akun Email Pengguna





Pengguna diberi waktu sampai 15 Juli ini jika masih tetap ingin memiliki ID di akun Yahoo tersebut.
Anda punya akun email di Yahoo tetapi sudah lama tidak digunakan? Awas, dalam waktu dekat, Yahoo akan menghapus ID akun email Anda dan memberikannya ke pengguna baru yang mendaftar dengan ID milik Anda itu. Khususnya jika Anda sudah tidak pernah login ke akun tersebut dalam setahun terakhir.

Meski demikian, saat mengumumkan langkah ini, Rabu (12/6) lalu, Yahoo masih memberikan tenggat waktu sampai 15 Juli 2013 mendatang, bagi pengguna untuk tetap memiliki akun yang ia daftarkan. Lewat dari itu, mulai pertengahan Agustus mendatang, pendaftar baru bisa mengambil alih akun Yahoo yang pernah Anda miliki.

Upaya untuk melepas akun-akun yang tidak aktif ini merupakan salah satu langkah yang diambil oleh Marissa Mayer, Chief Executive Officer Yahoo yang telah setahun terakhir berkutat untuk mengembalikan pamor mantan penguasa internet yang sudah tertinggal dibanding pesaingnya.

Diharapkan, langkah ini dapat membantu Yahoo yang menghadapi penurunan jumlah pengguna layanan email karena pengguna banyak yang beralih ke layanan alternatif milik Google, yakni Gmail.

Sejak kehadirannya di Juli 2012 lalu, Mayer, yang merupakan mantan petinggi Google sendiri telah mendesain ulang tampilan homepage dan layanan Yahoo mail, serta layanan foto Flickr. Ia juga telah mengambil langkah penting dengan mengakuisisi layanan blogging populer, Tumblr, dengan nilai Rp10 triliun. Rencananya, Yahoo akan mengawinkan pengguna email Yahoo dengan layanan Tumblr, yang cukup populer di kalangan remaja dan generasi muda. Selain email, akun non aktif yang digunakan untuk login ke layanan Yahoo lain seperti Yahoo Sports, Weather, dan News juga akan dihapus. (Joe)