Friday, July 12, 2013

Siberian Husky


Siberian Husky termasuk dalam jenis anjing ras. Anjing ras ini tidak ganas, bahkan terlalu baik dan manja terhadap manusia. Ras ini sekilas mirip srigala, mungkin juga diperkirakan terjadi karena hasil persilangan alam. Aslinya ras ini dikembangkan oleh masyarakat Chukchi di daerah Asia timur laut sebagai anjing penarik kereta untuk membawa beban. Tahun 1909, pertama kalinya sejumlah anjing ini dibawa ke Alaska untuk bertanding dalam pertandingan jarak jauh seluruh Alaska. Dan disanalah ketahanan tubuh dan kecepatan lari anjing dari Siberia ini mulai dikenal.

Pada musim dingin di Tahun 1925, ketika demam Diptheria melanda kota Nome, suatu daerah terpencil di Alaska, tim estafet anjing ini membawa serum penyelamat hidup manusia dari daerah Neana yang jaraknya cukup jauh. Usaha keras bersemangatkan kepahlawanan dari para pengendara dan anjingnya ini mendapatkan penghargaan nasional. Salah satu pengendara, Leonhard Seppala, membawa tim Siberian Huskynya, keturunan asli yang diimport dari Siberia, ke Amerika Serikat dalam perjalanan pertunjukan pribadinya. Ketika di Inggris, dia bertanding dalam pertandingan anjing penarik kereta dan sekali lagi membuktikan kekuatan dari Siberian Husky yang mengalahkan anjing-anjing lokal lainnya. Negara Inggris memberikan penghargaan pengakuan terhadap anjing ras ini pada Tahun 1930 dan Klub Siberian Husky didirikan di Amerika Tahun 1938.

Siberian Husky memiliki sifat yang menyenangkan. Dia sangat mesra. Watak yang lembut dan bersahabat ini mungkin terjadi sebagai warisan masa lalu, sejak masyarakat Chukchi memelihara anjing-anjing ini dalam penghargaan yang besar. Mereka merumahkan anjing-anjing ini dalam perlindungan keluarga dan mendorong anak-anak mereka untuk bermain bersamanya. Sekarang ini, sangat mempesona untuk mengamati bagaimana Siberian Husky dan anak-anak saling memiliki satu sama lain. Siberian Husky sangat waspada, gemar menyenangkan dan mudah menyesuaikan diri. Tingkat kecerdasannya telah dibuktikan, tetapi jiwa merdekanya setiap waktu menantang kecerdikan manusia. Kemampuan serba bisanya membuat dia menjadi teman yang serasi bagi manusia pada semua umur pada berbagai kesukaan.
 
Ketika kemampuan menarik perhatian seluruh keluarga ditunjukkan, maka dia bukan lagi anjing bagi satu orang saja. Dia menunjukkan ketidaktakutan terhadap orang asing dan akan menyambut tamu dengan ramah. Ini bukanlah sifat dari anjing penjaga, walaupun Siberian Husky mungkin tidak sadar bertindak seperti tidak tahu sebagai bagian dari naluri yang ramah tamah itu. Dalam hubungan dengan anjing asing, Siberian Husky menunjukkan minat yang ramah tamah dan menganggap sebagai saudara. Jika diserang, bagaimanapun juga dia sudah siap dan dapat membela dirinya sendiri dan dapat menghadapi serangan dengan membunuh.

Naluri predator dalam Siberian Husky sangat kuat. Ketika Siberian Husky secara normal ramah dan bersahabat dengan manusia dan anjing-anjing lainnya, para pemilik harus berhati-hati terhadap hewan-hewan kecil yang ada di dalam maupun di sekitar rumah, seperti tupai, kelinci, burung, tikus, hamsters dan kucing, adalah korban yang sangat potensial dari naluri predatornya yang kuat. Mereka cepat, cerdik dan sabar dalam kemampuan berburunya.

Siberian Husky adalah anjing yang mudah dipelihara. Secara alami dia bersih dan bebas dari bau yang tidak enak serta parasit-parasit. Dia hadir di arena show dengan anggun tanpa membutuhkan penguntingan atau perapian bulu. Sedikitnya sekali dalam setahun Siberian Husky merontokkan bulunya. Dan dengan sikat di tangan, seseorang baru menyadari kepadatan dan jumlah yang banyak dari bulu Siberian Husky yang mengagumkan seperti mantel. Beberapa orang merasa bahwa masa perontokkan bulu ini lebih mudah diatasi daripada perontokan bulu yang terus menerus dan tumbuh baru kembali dari banyak jenis bulu anjing ras lainnya.
 Mengunyah dan menggali
Siberian Husky telah tahu untuk melakukan bagiannya. Pada awalnya adalah sebuah kebiasaan dari banyak anak anjing pada seluruh ras yang terjadi pada masa pertumbuhan gigi, dan dan menjadi terus menerus dan dihubungkan pada sasaran yang tepat. Menggali lubang adalah masa lalu dimana banyak Siberian Husky memiliki kemampuan khusus yang mendalam untuk melakukan hal itu. Sampai sekarangpun masih terjadi jika dia menemukan daerah yang tepat untuk digali.


Siberian Husky termasuk mudah dipelihara, karena membutuhkan hanya sejumlah makanan untuk ukuran tubuhnya. Ciri ini, mungkin juga diikuti dari kebiasaan asal ras ini, dimana masyarakat Chukchi mengembangkan anjing-anjing mereka untuk menarik beban secara cepat melewati jarak yang jauh pada suhu rendah dimana kemungkinan yang sedikit untuk dapat membawa sejumlah makanan.

Ada satu karakter terakhir dari Siberian Husky yang harus diperhatikan. Yaitu hasrat untuk berlari. Banyak anjing jenis ras lain, ketika dibiarkan di pagi hari, akan duduk di depan pagar sampai sepanjang hari. Tetapi tidak pada Siberian Husky. Warisannya telah memberkahi dia dengan hasrat untuk berlari dan persetujuannya telah diberikan pada dia dengan kemampuan untuk menikmatinya tanpa merasa lelah. Tetapi, satu larian dengan lompatan pada jalan yang ramai dapat menjadi larian terakhir yang dinikmatinya untuk selamanya. Karena itu, kami memaksa bahwa tidak seekor Siberian Huskypun yang diperbolehkan tanpa dikendalikan atau dibebaskan. Jadi untuk perlindungannya, dia harus dalam pengawasan setiap waktu. Jika anda merasa tidak nyaman untuk mengawasinya, maka Siberian Husky bukanlah ras yang cocok untuk anda.
Sebagai tambahan, ada dua jenis ras Artic lainnya, yaitu Alaskan Malamute dan Samoyed. Ketiga jenis ras ini diakui oleh Amerikan Kennel Club. Ketiga jenis ini dibedakn dari semua variasi persilangan ras yang dikenal di husky Alaska. Kata “husky” sendiri adalah kependekan dari nama singkat “Esky” dari orang Eskimo dan disebutkan ke anjingnya. Nama Siberian Husky sendiri adalah ras yang satu-satunya diakui dimana kata ini telah menjadi bagian pada namanya sejak awalnya.
 
Pada tahun-tahun sekarang ini, jumlah Siberian Husky di Amerika yang didata meningkat secara tajam. Club Siberian Husky di Amerika sangat mengkhawatirkan mengenai peningkatan popularitas yang cepat dari ras ini dan tidak menginginkan dengan melihat jumlah permintaan terhadap Siberian Husky akan mengorbankan kualitas yang tinggi dari anjing ras ini. Untuk menjaga kualitasnya, Siberian Husky Club of America menyarankan kepada para pembeli yang serius untuk mengontak anggota dari Club Siberian Husky ini di daerahnya masing-masing yang telah terdaftar. Para breeder ini telah menentukan standart dari ras ini sesuai kode etik dan menunjukkan sifat sportif dalam berbagai kegiatan yang berhubungan dengan ras ini. Dalam perlindungan para breeder yang bereputasi, para pembeli dijamin oleh perjanjian dengan orang-orang yang memiliki pengetahuan yang pada posisinya adalah memberikan informasi yang tepat dalam penjualan dan konseling selama sepanjang perkembangan anjingnya.
 
Club Siberian Husky di Amerika tidak pernah lepas dari tujuan utamanya yaitu mendedikasikan pelestarian dan mengabadikan dari ras Siberian Husky ini seperti suara, kemampuan dan naluri ras, dimana karakteristik dari pikiran dan tubuhnya membuat dia bukan hanya sebagai anjing yang cantik dan sanggup bekerja keras, tetapi juga sebagai teman yang setia dan menyenangkan.

Siberian Husky hidup dalam kumpulan dan membutuhkan teman seperti anjing lain atau manusia pada setiap waktu. Jika anda bekerja sepanjang hari, atau hanya memiliki ruangan hanya untuk satu anjing…jangan beli Siberian Husky.

Siberian Husky memiliki kemampuan dalam menarik perhatian seluruh keluarga, Siberian Husky juga sangat ramah terhadap orang asing. Jadi, jika anda ingin anjing yang setia hanya kepada satu orang saja … jangan beli Siberian Husky.

Siberian Husky bukanlah anjing penjaga, walaupun secara alamiah kelihatannya menakutkan seperti srigala. Jika anda ingin anjing dengan naluri agresif untuk penjaga… jangan beli Siberian Husky.

Sedikitnya satu kali setahun Siberian Husky merontokkan bulunya. Jika anda suka bulu diseluruh rumah dan di udara, maka itu tidak berarti apa-apa. Sebaliknya, jika anda sangat menghargai kebersihan pada setiap waktu… jangan beli Siberian Husky.

Siberian Husky secara naluri suka menggali lubang di halaman. Jika anda suka menata kebun dengan indah dan menyukai keindahan kebun… jangan beli Siberian Husky.

Dari seluruh kebiasaan yang ditemukan pada Siberian Husky, yang paling berbahaya bagi penyayang anjing adalah kecenderungan hasrat untuk berlari. Dan langkah pertama dari anak anjing ini ketika menyeberang di jalanan dapat menjadi langkah larian yang terakhirnya untuk selamanya. Seekor Siberian Husky untuk perlindungan dirinya sendiri, harus dijaga dan dikontrol setiap saat. Jika anda salah seorang yang berpikir adalah kejam untuk mengandangkan anjing atau menjaganya di halamannya sendiri… jangan beli Siberian Husky. Kami baru menyadari bahwa lebih baik anjing berada di dalam kandang yang wajar daripada lari dan terhilang di jalanan. Jadi di dalam kandang dia akan terhindar dari : kemungkinan tertabrak mobil, menjadi jorok, berpenyakit cacing, diserang anjing liar, menjadi bahan permainan anak-anak, atau menjadi anjing yang tidak mengetahui siapa pemiliknya atau siapa yang mengasihinya. Kami tidak ingin ada Siberian Husky yang menjadi gelandangan.