Monday, July 8, 2013

Susu Ganja (Hemp Milk)



Hemp Milk atau “Susu Ganja” adalah produk minuman yang terbuat dari biji pohon ganja. Hemp Milk sama seperti susu kedelai yang berbahan dasar tanaman (nabati), karena itu hemp milk bukan produk susu (dairy product). Dibandingkan dengan susu hewan, hemp milk mengandung lebih banyak nutrisi dan vitamin. Hemp milk biasanya diimpor dari Kanada atau Eropa di mana mereka memiliki pertanian hemp yang digunakan untuk membuat minyak hemp dan hemp milk.
Keuntungan Susu Ganja
Susu Ganja atau Hemp Milk sangat cocok untuk orang yang mengalami alergi laktosa karena hemp milk berasal dari zat organik yang diekstrak dari biji ganja. Susu dari biji ganja ini merupakan alternatif yang baik untuk kalangan vegetarian karena hemp milk merupakan sumber makanan yang kaya protein dan nutrisi penting lainnya yang tidak ditemukan dalam susu biasa seperti Vitamin A, Vitamin E, Vitamin B12, Magnesium, Besi, Seng, Kalium, dan banyak lagi. Tidak seperti susu sapi, susu ganja tidak mengandung kolesterol, berarti Anda dapat meminumnya tanpa risiko menjadi gemuk.
Banyak orang yang beralih ke susu ganja (hemp milk) karena selain tidak mengandung gula, susu ganja bebas kolesterol dan gluten. Orang yang minum hemp milk akan mengalami peningkatan kapasitas mental dan kesehatan jantung. Hemp milk dapat mengurangi risiko berbagai penyakit terkait jantung seperti hipertensi, stroke, dan penyakit lainnya. Hemp milk dapat menyeimbangkan protein keratin dalam tubuh, menciptakan kulit tubuh yang sehat, kuku dan rambut yang lembut.

Banyak juga yang mengkhawatirkan bahwa susu ganja mengandung THC atau tetrahydrocannabinol, yaitu zat psikoaktif yang ditemukan dalam ganja. Akan tetapi penelitian ilmiah membuktikan bahwa susu ganja sama sekali tidak mengandung THC. Hemp milk adalah produk yang disetujui oleh Uni Eropa dan badan internasional lainnya, ini membuktikan bahwa hemp milk merupakan produk yang aman untuk dikonsumsi manusia.
Biji Ganja

Susu Ganja atau Susu Kedelai?
Ada banyak perbandingan antara susu ganja dan susu kedelai, mana yang lebih baik dan sehat. Kesamaan antara susu ganja dan susu kedelai adalah keduanya sama-sama bukan produk susu (non-dairy products). Namun tidak seperti susu kedelai, susu ganja tidak mengandung phylates, yaitu enzim-enzim yang menghambat penyerapan mineral penting. Sebaliknya, susu ganja mengandung sejumlah tinggi asam lemak Omega-3 dan Omega-6 yang dapat membantu perkembangan otak dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Manfaat Susu Ganja

Non-allergenic. Hemp Milk bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan asupan kalsium harian tetapi tidak bisa mendapatkannya dari susu sapi karena mengalami alergi laktosa. Mereka yang mengalami alergi terhadap susu sapi bisa mendapatkan nutrisi dari susu ganja yang memiliki berjuta manfaat.

Bergizi.

Susu ganja memiliki banyak sekali kandungan mineral, seperti kalsium, kalium, fosfor, asam folat, magnesium, dan zat besi. Hemp milk sangat kaya akan mineral yang berisi 20% dari RDA (recommended daily allowance) dari zat besi dan 46% RDA dari kalsium. Jumlah ini jauh lebih banyak dibandingkan dengan apa yang dapat ditemukan pada susu sapi. Hemp milk kaya vitamin, mengandung Vitamin A, E, D, dan B12. Hemp milk memiliki kadar asam lemak omega-3 dan omega-6 yang sangat tinggi yang baik untuk kesehatan jantung. Tubuh manusia tidak dapat secara alami menghasilkan asam lemak esensial, oleh karena itu menambahkan susu ganja kedalam asupan gizi kita adalah suatu keputusan yang tepat.
Kaya Protein.
Segelas susu ganja mengandung 4-5 gram protein, suatu jumlah yang lebih mudah untuk dicerna dan menyerap ke dalam tubuh dibandingkan dengan susu pengganti lainnya, sehingga sistem dalam tubuh dapat memanfaatkan nutrisi lebih baik.

Meningkatkan Kesehatan.

Penelitian ilmiah mengungkapkan bahwa susu ganja dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, baik untuk kesehatan jantung dan dapat memperbaiki dan memelihara pertumbuhan rambut, kulit dan kuku. Meningkatkan Kemampuan Otak. Susu ganja benar-benar dapat membuat manusia menjadi lebih cerdas. Ada indikasi bahwa minuman tersebut benar-benar dapat meningkatkan fungsi kognitif seseorang. Selain itu susu ganja juga dapat membantu memerangi penyakit Alzheimer.