Wednesday, April 10, 2013

Mercedez SLS AMG GT Hadir Sebagai Safety Car Balap F1 2013



Mercedes-Benz sekarang memasuki tahun ke-18 sebagai penyedia  Safety Car F1 Resmi dan Mobil Medis Resmi pada gelaran balap F1. Pada musim 2013 Formula 1, mereka menggunakan Mercedes-Benz SLS AMG GT sebagai mobil safety sedangkan Mercedes-Benz C63 AMG Estate digunakan sebagai mobil medis. Musim ini tidak jauh sejak pembukaannya di Australian Grand Prix dan balapan kedua di Grand Prix Malaysia.

Mercedes-Benz SLS AMG GT & Mercedes-Benz C63 AMG Estate
Jika dalam adu balap MotoGP safety car teranyar yang digunakan adalah mobil sport BMW M6 Coupe, maka dalam adu balap mobil F1 Mercedes-Benz menjadi pabrikan yang dipercaya untuk menjadi “pengatur” kelancaran jalannya lomba tersebut. Mobil sport asal negeri panser Jerman sepertinya memang menjadi langganan untuk digunakan sebagai safety car dalam ajang adu cepat otomotif kelas dunia, baik roda dua (MotoGP) maupun roda empat (F1).
Terakhir adalah Mercedes-Benz SLS AMG GT  yang didaulat sebagai safety car untuk ajang F1 2013 karena memiliki spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan sebuah safety car.

Output tenaga maksimum sebesar 435 kW (591 hp) dan torsi sebesar 650 Nm dari mesin V8 berkapasitas 6.3 liter yang dipanggul AMG adalah spesifikasi yang sangat ideal bagi sebuah safety car. Melalui spesifikasi tersebut safety car ini mampu melesat menuju 100 km/jam hanya dalam waktu 3.7 detik dan mencapai kecepatan 200 km/jam setelah melaju dalam waktu 11.2 detik saja.
Selain itu tubuhnya yang ringan pun, hanya 1620 kg, sangat mendukung gerak mobil yang harus berlari lincah dalam setiap kondisi dan situasi yang serba darurat ini.
 


Mercedes-Benz SLS AMG GT dan C63 AMG Estate bukanlah hal baru di sini, karena mobil-mobil performa tinggi maka popularitas mereka adalah hal yang umum di sini. The Mercedes-Benz SLS AMG GT keselamatan mobil didorong oleh Bernd Maylander dari Jerman dan rekan-driver, karyawan FIA Pete Tibbetts dari Inggris. Bernd adalah pembalap DTM dan saat ini mantan instruktur di AMG Driving Academy belum lagi perannya sebagai Mercedes-Benz brand ambassador.








(Joe)