Monday, June 3, 2013

Ini Guna Yodium Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Sedikit tapi penting
Ternyata mineral yodium dalam tubuh kita yang jumlahnya sedikit ini sangat penting untuk kesehatan seluruh sistem tubuh kita. Berbagai gangguan kesehatan bisa saja terjadi jika kebutuhan yodium dalam tubuh tidak seimbang. Berikut beberapa kegunaan yodium.
1. Membantu Proses Metabolisme
Mineral ini diperlukan untuk sintesis hormon tiroksin dan triodotironin yang disekresikan oleh kelenjar tiroid. Tiroksin mengontrol metabolisme tubuh dan konsumsi oksigen bagi jaringan tubuh, mengontrol penggunaan gula, mengatur tingkat produksi energi dan membantu pertumbuhan tubuh yang optimal.
2. Mencegah Rambut Rontok
Yodium dapat memicu kerontokan rambut karena langsung memengaruhi kelenjar tiroid yang pada gilirannya memengaruhi kesehatan folikel rambut. Folikel rambut merupakan jaringan yang halus dan mudah rusak.
3. Membantu Menurunkan Berat Badan
Mengingat yodium penting dalam pembentukan hormon tiroid di kelenjar tiroid yang berfungsi mengatur metabolisme tubuh. Maka mineral penting ini sangat berperan dalam proses penurunan berat badan. Semakin baik metabolisme tubuh Anda, semakin besar peluang anda untuk menurunkan berat badan.
4. Mencegah Penyakit Jantung
Yodium membantu sintesiskolesterol, sehingga dapat mengurangi adanya penumpukan kolesterol di arteri yang dapt mengakibatkan serangan jantung.Yodium juga membantu proses pembakaran lemak dan membantu peningkatan denyut jantung.
5. Meningkatkan Gairah seksual
Meski pun dibutuhkan dalam jumlah kecil, yodium merupakan mineral penting yang tidak bisa diabaikan. Para peneliti percaya bahwa selain bermanfaat untuk menurunkan berat badan, mineral ini juga berperan besar dalam meningkatkan gairah seksual. Bahkan dipercaya jika seseorang kekurangan yodium, maka ia tidak akan bertahan lebih lama di ranjang.
Banyak orang menganggap yodium hanya ditemukan pada garam, padahal tmasih ada beberapa bahan makanan yang mengandung mineral penting ini, seperti: salmon, tuna, kerang, rumput laut, produk susu, apel, jeruk, anggur dan sroberi. Bagaimana dengan makanan asin seperti kripik dan kue kering? Hati-hati, makanan itu memang tinggi garam tapi umumnya bukan garam beryodium. Jadi cermat memilih sumber yodium untuk badan anda ya!