Friday, August 30, 2013

"Mencuri" password lewat Sniffing

Istilah Sniffing memang sering kita ketahui di dunia internet. Tapi tidak semua orang mengerti, maka dari itu saya ingin sedikit share tentang apa itu Sniffing ??

SNIFFING merupakan cara untuk melihat paket-paket  berupa data yang keluar maupun masuk pada sebuah jaringan komunikasi. Sebagai contohnya komputer yang terhubung dengan jaringan LAN atau pada WLAN, kemudian paket-paket tersebut disusun ulang sehingga data yang dikirimkan oleh pihak tertentu dapat dilihat oleh orang yang melakukan SNIFFING. Tapi tunggu dulu, Sniffing ini sebenarnya bukan mengajarkan kita untuk berbuat negatif, karena Sniffing juga bisa digunakan untuk mengelola jaringan.

Secara positif kususnya bagi seorang admin. Sniffing juga bisa digunakan untuk pertahanan jaringan. Pertahanan yang dimaksud yaitu dengan cara melakukan penganalisaan paket-paket yang lewat pada suatu jaringan. Apakah paket tersebut berbahaya atau tidak, mengandung virus atau tidak yang mungkin dapat mengancam performa jaringan itu sendiri.
Untuk melakukkan Sniffing, ada beberapa software yang bisa kita pakai utuk kegiatan tersebut, sebagai contoh yaitu Wireshark. Dengan memanfaatkan tools yang ada di dalam nya kita bisa melakukan Sniffing misalnya untuk mengetahui password dan username.
Sekian info dari saya, semoga membantu dan bermanfaat.