Friday, September 27, 2013

Pebedaan iPhone 5S dengan iPhone 5

detail berita
iPhone 5S
Setelah berbulan-bulan dirumorkan, Apple akhirnya resmi mengumumkan kehadiran iPhone 5S. Menjanjikan berbagai peningkatan, lantas apa bedanya dengan iPhone 5?
Nah, untuk menunjukkan perbedaan antara iPhone 5 dengan iPhone 5S, Bhetanews mencoba mengulas dari beberapa aspek. Berikut perbedaan dari kedua smartphone Apple tersebut.

Layar
Kala merilis iPhone 5, Apple meningkatkan ukuran layar dari iPhone 4S menjadi 4 inci dengan resolusi 1.136x640, namun sayangnya, perusahaan tidak melakukan peningkatan ukuran layar pada iPhone 5S.

Sensor Pemindai Sidik Jari
iPhone 5S memiliki bobot dan ketipisan yang sama dengan pendahulunya. Hanya saja suksesor iPhone 5 ini memiliki fitur baru untuk membuka akses ke perangkat, Touch ID, yang merupakan teknologi pemindai sidik jadir sebagai sistem keamanan.

Touch ID dibangun ke dalam tombol 'home' dengan cicin deteksi berbahan stainless steel, yang berfungsi mendeteksi sidik jari ketika jari dilekatkan ke tombol home.

Kotak yang terdapat di tengah-tengah tombol -- ada di seluruh iPhone generasi sebelumnya --  ditiadakan dan diganti sebuah sensor yang memiliki ketipisan 160 mikron beresolusi 550ppi yang mampu membaca 360 derajat.

Kamera
iPhone 5 hadir dengan sensor kamera utama 8 megapiksel dan kamera sekunder 1.2 megapiksel. Pencitraan iPhone 5 disokong filter Hybrid IR, modus dynamic low-light, dan dilindingi kristal safir.

Nah, untuk iPhone 5S masih menggunakan kamera 8 megapiksel, hanya saja Apple sensor kamera lebih besar dan mampu meringkus gambar dengan hasil yang lebih baik. Kamera iPhone 5S disokong f/2.2 dan dukungan Slo-mo 820p 120fps video.

Sama seperti iPhone 5, modus kamera Panorama, Face Detection, dan Autofocus juga terdapat di 5S.

Dapur Pacu
Apple meningkatkan daya pacu smartphone terbarunya, iPhone 5S. Jika iPhone 5 menggunakan chip A6, maka iPhone 5S menggunakan chip A7. Peningkatan ini diklaim perusahaan mampu menyuguhkan kecepatan 40 kali lipat dari iPhone generasi pertama.

Kemudian dengan menggunakan A7 chip 64 bit, ini mengartikan bahwa iPhone 5S memiliki CPU dan kartu grafis yang lebih kencang dan siap melahap berbagai aplikasi.

Apple juga memboyong dukungan OpenGL ES, ini memungkinkan iPhone 5S memiliki kemampuan yang lebih apik dalam hal gaming.

Di samping chip A7, iPhone 5S juga memiliki co-prosesor M7 yang memiliki berbagai sensor, yakni accelerometer, gyro, compass, yang bisa dimanfaatkan untuk aplikasi kebugaran dan kesehatan.

Baterai
Jika baterai pada iPhone 5 mampu bertahan dalam kondisi siaga hingga 225 jam. Maka iPhone 5S mengalami peningkatan 25 jam lebih lama pada kondisi yang sama.

Meski memiliki perbedaan ketahanan baterai yang cukup signifikan, namun baterai iPhone 5 maupun iPhone 5S sama-sama mampu bertahan selama 10 jam saat memutar video nonstop dan 8 jam saat berselancar dengan jaringan 3G.

Warna Baru
Apple biasanya melepas iPhone dengan dua pilihan warna, silver dan hitam. Tapi melalui iPhone 5S, perusahaan yang berbasis di Cupertino, California ini menyediakan varian gold.

sumber