Wednesday, March 27, 2013

Minuman Ringan Sebabkan 180 Ribu Kematian Pertahun

menemukan bahwa 180 ribu kematian di seluruh dunia tiap tahun mungkin terkait dengan pengkonsumsian minuman ringan berpemanis gula.

Dari studi tersebut diketahui bahwa minuman ringan seperti minuman soda, minuman olahraga dan minuman dengan buah-buahan yang berpemanis gula mungkin terkait dengan sekitar 180 ribu kematian di seluruh dunia tiap tahun.

Menurut penelitian terbaru yang disajikan di The American Heart Association, minuman berpemanis gula dikonsumsi di seluruh dunia, dan berkontribusi terhadap berat badan berlebih yang meningkatkan risiko diabetes, penyakit kardiovaskular, dan beberapa jenis kanker. Sedangkan berdasarkan data pada 2010, ditemukan bahwa 133 ribu kematian disebabkan oleh penyakit diabetes, 44 ribu akibat penyakit kardiovaskular dan 6.000 kematian akibat kanker.
Sebanyak 78% dari kematian ini disebabkan karena pengkonsumsian minuman berpemanis gula oleh masyarakat di negara berkembang. "Sementara di AS, penelitian kami menunjukkan sekitar 25 ribu kematian pada tahun 2010 terkait langsung dengan minuman berpemanis gula," papar Gitanjali M. Singh, peneliti dari Harvard School of Public Health di Boston, Massachusetts seperti dinukil dari FarsNews.

Para peneliti mengukur jumlah asupan minuman berpemanis gula di seluruh dunia dengan usia dan jenis kelamin, efeknya pada obesitas dan diabetes, dan dampak yang berkaitan dengan diabetes. Jepang, negara dengan konsumsi minuman manis terendah di dunia, memiliki angka kematian terendah dengan hanya 10 kematian per satu juta orang dewasa. "Karena kami berfokus pada kematian akibat penyakit kronis, kami melakukan studinya pada orang dewasa," tambahnya.

"Di masa depan, penelitian ini juga harus mampu menjangkau anak-anak di seluruh dunia dan melihat bagaimana ini akan mempengaruhi kesehatan mereka saat ini dan di masa depan," ujar Singh menandaskan.

The American Heart Association merekomendasikan orang dewasa untuk mengkonsumsi tidak lebih dari 450 kalori per minggu, dari minuman-minuman yang berpemanis gula.(Joe)