Saturday, March 23, 2013

Ratusan ribu warga Sudan terancam kelaparan

ANTARA News,  Ratusan ribu orang di negara bagian Kordofan Selatan, Sudan, diambang kelaparan sementara Khartoum melarang badan sosial, kata survei baru yang diumumkan, Kamis.
Studi kelompok kemanusiaan internasional dan disiarkan melalui kelompok "Enough Project", yang bermarkas di Washington, itu memperingatkan bahwa keadaan di negara bagian tersebut sama seperti yang melanda daerah Tanduk Afrika, yang kelaparan pada 2011.


"Jika masyarakat internasional tidak menanggapi indikator-indikator peringatan dini di Kordofan Selatan ini, situasi dapat menimbulkan kondisi yang semakin parah," kata John Prendergast, kata salah seorang pendiri proyek itu.Satu tim ahli kesehatan masyarakat dari kelompok sosial itu-- yang tidak bersedia namanya disebutkan karena alasan-alasan keamanan mengunjungi pegunungan Nuban yang berada dibawah kekuasaan pemberontak Gerakan Utara Pembebasan Rakyat Sudan (SPLM-N).

Banyak orang terlantar akibat konflik itu, yang terjadi lebih dari setahun, tinggal di goa-goa pegunungan itu. Selama studi dua minggu tim itu Agustus, mereka menyatakan sekitar 2.467 anak berusia dari enam bulan sampai kurang dari lima tahun dan menemukan 14,9 persen menderita kekurangan gizi yang akut.


Sekitar 81,5 persen dari rumah tangga hanya dapat makan sekali sehari, meningkat dari setahun lalu yang hanya 9,5 persen , dan dua tahun lalu ketika tidak ada keluarga dilaporkan tidak makan lebih dari sekali sehari. Sekitar 73,2 persen rumah tangga melaporkan tidak ada sumber pendapatan dan 65,7 persen rumah tangga hanya mendapat pasokan pangan sekali seminggu.

Para periset itu tidak dapat menemui masyarakat yang tinggal di sepanjang garis depan konflik yang melibatkan Khartoum melawan pemberontak, dan dikhawatirkan kondisi-kondisi di sana bahkan lebih buruk. Sekitar 350.000 orang terperangkap di daerah itu akibat serangan pemerintan ketika mereka memerangi pemberontak SPLM-N. Sekitar 70.000 orang lainnya juga menderita di negara bagian Blue Nile.

"Ini adalah satu kelaparan politik. Karena serangan bom pasukan pemerintah hampir setiap hari, rakyatnya sendiri tidak dapat menanam atau memanen," kata Jonathan Hutson , direktur komunikasi badan sosial itu kepada AFP.
Kelompok itu menyerukan masyarakat intenasional memberikan bantuan sekitar 20.0000 ton pangan, serta pasokan medis, tempat penampungan dan barang-barang lainya kepada warga di perbatasan Kordofan Selatan, dan mendesak Khartoum mencabut blokade itu.

Tidak ada data yang layak dipercaya tentang berapa jumlah orang yang tewas di daeah yang dibom, serangan senjata dan baku tembak di Kordofan Selatan dan Blue Nile, di mana SPLM-N melancarkan pemberontakannya tahun lalu.
Tetapi PBB melaporkan jumlah orang kelaparan dan melarikan ke Sudan Selatan meningkat, di mana lebih dari 173.000 orang kini ditampung.

Enough Project -- yang dibentuk Center for American Progress untuk menghentikan pembunuhan dan kejahatan terhadap kemanusiaan -- juga menyerukan Uni Afrika bekerja dengan PBB membantu merundingkan akses kemanusiaan.Survei itu adalah penilaian pertama situasi di lapangan di wilayah itu sejak Juni 2011, dan penemuannya adalah independen.

Para ahli khawatir bahwa tanpa satu campur tangan situasi akan memburuk.
Kelompok-kelompok bantuan kemanusaan mengatakan puluhan ribu orang tewas akibat kelaparan sejak pertengahan 2011 musim kemarau di kawasan Tanduk Afrika, yang melanda Somalia, Ethiopia dan Kenya. (Joe)