Mesin Diesel Tri-Turbo BMW, Torsi 2 Kali Fortuner VNT |
APA ITU TURBO?
Turbocharger (turbo) adalah komponen tambahan untuk meningkatkan tenaga mesin tanpa memperbesar volume silinder (cc)mesin.Turbo memanfaatkan tenaga putaran yang dihasilkan oleh gas buang untuk mensuplai udara lebih banyak kedalam silinder
BAGAIMANA CARA KERJA TURBO?
Pada turbo terdapat sebatang sumbu yang pada tiap diujungnya terdapat kipas (pinwheel) yang keduanya terletak di ruang yang berbeda.Kipas pertama disebut turbin wheel di tempatkan pada saluran exhaust manifold yang akan berputar bilamana gas buang melaluinya.Pada putaran ini akan memutar keseluruhan batang sumbu berikut kipas kedua (disebut blower impeller) yang berada diujung lainnya.Blower impeller diletakkan pada saluran udara masuk ke mesin (inteke manifold) dimana ketika berputar akan mendorong udara masuk kedalam mesin.Turbo akan efektif saat exhaust manifold telah mencapai tekanan yang cukup untuk memutar turbine wheel
MENGAPA TURBO BERMANFAAT
Karena biasanya mesin yang harus bekerja menghisap udara.Dengan kata lain,pada saat intake valve terbuka,pergerakan turun piston akan menciptakan ruang vakum pada silinder sehingga udara luar terhisap kedalamnya.Dengan adanya turbo,tekanan udara pada inteke manìfold menjadi tinggi.Maka ketika intek manifold menjadi tinggi.maka ketika intek valve terbuka,udara akan masuk lebih banyak dan lebih cepat kedalan ruang bakar.Hal inilah yang akan membuat pembakaran lebih sempurna dan efisien
MENGAPA INTERCOOLER DIPERLUKAN?
Pada saat didorong masuk oleh turbo,tekanan udara akan meningkat,demikian pula dengan suhunya.utk mesin,pemanasan udara masuk ini berdampak buruk.
MENGAPA WASTEGATE VALVE DIPERLUKAN?
Jika gas buang bertambah maka putaran turbine wheel menjadi lebih cepat,menyebabkan jumplah udara yang dihisap dan didorong oleh blower impeller kedalam intek manifold pun bertambah banyak,bahkan dapat berlebih.untuk mengantisipasi kerusakan yg diakibatkan dr hal ini sistim turbo memiliki wastegat valve.
Turbocharger (turbo) adalah komponen tambahan untuk meningkatkan tenaga mesin tanpa memperbesar volume silinder (cc)mesin.Turbo memanfaatkan tenaga putaran yang dihasilkan oleh gas buang untuk mensuplai udara lebih banyak kedalam silinder
BAGAIMANA CARA KERJA TURBO?
Pada turbo terdapat sebatang sumbu yang pada tiap diujungnya terdapat kipas (pinwheel) yang keduanya terletak di ruang yang berbeda.Kipas pertama disebut turbin wheel di tempatkan pada saluran exhaust manifold yang akan berputar bilamana gas buang melaluinya.Pada putaran ini akan memutar keseluruhan batang sumbu berikut kipas kedua (disebut blower impeller) yang berada diujung lainnya.Blower impeller diletakkan pada saluran udara masuk ke mesin (inteke manifold) dimana ketika berputar akan mendorong udara masuk kedalam mesin.Turbo akan efektif saat exhaust manifold telah mencapai tekanan yang cukup untuk memutar turbine wheel
MENGAPA TURBO BERMANFAAT
Karena biasanya mesin yang harus bekerja menghisap udara.Dengan kata lain,pada saat intake valve terbuka,pergerakan turun piston akan menciptakan ruang vakum pada silinder sehingga udara luar terhisap kedalamnya.Dengan adanya turbo,tekanan udara pada inteke manìfold menjadi tinggi.Maka ketika intek manifold menjadi tinggi.maka ketika intek valve terbuka,udara akan masuk lebih banyak dan lebih cepat kedalan ruang bakar.Hal inilah yang akan membuat pembakaran lebih sempurna dan efisien
TURBO INTERCOOLER
Turbo intercooler |
MENGAPA INTERCOOLER DIPERLUKAN?
Pada saat didorong masuk oleh turbo,tekanan udara akan meningkat,demikian pula dengan suhunya.utk mesin,pemanasan udara masuk ini berdampak buruk.
- Menaikan temperatur ruang bakar.
- Panas akan membuat udara memuai sehingga kerapatan udara berkurang.
MENGAPA WASTEGATE VALVE DIPERLUKAN?
Jika gas buang bertambah maka putaran turbine wheel menjadi lebih cepat,menyebabkan jumplah udara yang dihisap dan didorong oleh blower impeller kedalam intek manifold pun bertambah banyak,bahkan dapat berlebih.untuk mengantisipasi kerusakan yg diakibatkan dr hal ini sistim turbo memiliki wastegat valve.
TURBOCHARGER
Turbocharger |
Turbocharger adalah sistem Forced Induction, udara di kompresikan dan
dipaksa masuk ke dalam mesin pada saat proses pembakaran, sehingga
proses pembakaran menjadi lebih sempurna.
Turbocharger memanfaatkan tekanan exhaust untuk memutar turbin yang akan mendorong masuk udara ke dalam intake, yang selanjutnya udara yang terdorong oleh turbin tersebut bersama bahan bakar yang ada di carburator di kabutkan untuk selanjutnya di kirim ke ruang bakar. Dengan demikian fungsi turbocharger memaksa udara dan bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar menjadi lebih banyak sehingga pembakaranpun akan terjadi lebih besar.
Turbocharger memanfaatkan tekanan exhaust untuk memutar turbin yang akan mendorong masuk udara ke dalam intake, yang selanjutnya udara yang terdorong oleh turbin tersebut bersama bahan bakar yang ada di carburator di kabutkan untuk selanjutnya di kirim ke ruang bakar. Dengan demikian fungsi turbocharger memaksa udara dan bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar menjadi lebih banyak sehingga pembakaranpun akan terjadi lebih besar.
Turbocharger pada mobil diantaranya power yang pasti lebih besar pada
putaran tinggi, tapi untuk putaran bawah dengan menggunakan turbocharger
tenaga mesin akan sedikit ngempos. Hal ini disebabkan karena tekanan
dari exhoust belum mampu mendorong udara masuk ke intake secara
maksimal. Tapi bengkel modifikasi ataupun pabrikan telah mampu
mengatasinya dengan memanfaatkan perangkat yang disebut dual turbin
turbocharger, satu turbin untuk putaran mesin rendah dan satu turbin
untuk RPM tinggi.
Perlu diperhatikan juga bagi mobil – mobil yang menggunakan turbocharger panas yang dihasilkan dapat memuaikan udara intake sehingga kadar oksigen berkurang. Sehingga perlu diperhatikan kondisi intercooler harus benar – benar terjaga, karena fungsi dari intercooler adalah untuk mendinginkan udara yang masuk ke intake.
Perlu diperhatikan juga bagi mobil – mobil yang menggunakan turbocharger panas yang dihasilkan dapat memuaikan udara intake sehingga kadar oksigen berkurang. Sehingga perlu diperhatikan kondisi intercooler harus benar – benar terjaga, karena fungsi dari intercooler adalah untuk mendinginkan udara yang masuk ke intake.
Dengan menggunakan turbocharger sebenarnya konsumsi bahan bakar lebih efisien. Karena selama turbin belum berputar, bahan bakar akan disuplay sesuai dengan kebutuhan mesin. Disamping itu suara yang dihasilkan lebih halus sehingga lebih nyaman di telinga. (Joe)