Anda tahu gas Nitrogen kan? Sebetulnya
udara yang kita hirup sehari-hari memiliki kandungan Nitrogen (N2)
sebanyak 78%, Oksigen (O2) 21%, sisanya adalah uap air, CO2 dan berbagai
gas mulia seperti argon dan neon. Pada awalnya gas Nitrogen ini hanya
digunakan untuk keperluan balapan, tapi sekarang sudah cukup lumrah
mobil biasa pun menggunakan nitrogen, mengingat manfaat mengisi ban dengan nitrogen ini.
Nitrogen memiliki molekul yang lebih
padat, sehingga tidak mudah menyusup keluar dibandingkan udara. Hal ini
menyebabkan tekanan ban berisi Nitrogen ini lebih awet dibandingkan ban
yang diisi udara. Hal ini penting sekali di arena balapan, karena
perbedaan tipis saja 0,5PSI sangat berpengaruh pada performa kendaraat
saat melewati tikungan.
Kelebihan lain adalah pengisian ban
menggunakan Nitrogen ini jauh lebih cepat dibandingkan dengan udara,
karena molekulnya yang lebih padat tadi, sehingga menghemat waktu. Wajar
saja hal ini penting, karena perbedaan 1/1000 detik akan menentukan
siapa pemenang balapan.
Nitrogen memiliki sifat dingin, dan ini
membuat suhu bagian dalam ban relatif rendah meskipun telapak ban dalam
keadaan panas. Tekanan ban menjadi lebih stabil, sebaliknya kalau ban
terlalu panas, maka udara dalam ban akan memuai dan ini bisa menimbulkan
ledakan pada ban. Hal lainnya yaitu adanya uap air dalam
udara, dan ini merupakan hal yang buruk buat ban, karena mampu membuat
korosi pada velg besi maupun alumunium. Adanya uap air ini juga membuat
tekanan ban mudah terpengaruh akibat panas. Dan parahnya lagi, kompresor
udara yang ada di pinggiran jalan justru tidak dilengkapi dengan filter
penyaringan uap air. Sedangkan kalau menggunakan Nitrogen, hal ini ga
akan terjadi, karena Nitrogen murni bersifat kering sehingga mampu
mencegah korosi.
Apakah ban menjadi terasa empuk saat
menggunakan Nitrogen? Hal ini tidaklah berpengaruh, karena jika ban
diisi dengan udara pada tekanan 32Psi, atau dengan Nitrogen, atau dengan
LPG sekalipun, kekerasan ban akan tetap sama. Dan yang terakhir, mengingat penyedia
Nitrogen ini masih jarang, jika terpaksa harus mengisi udara pada ban
yang telah diisi Nitrogen, maka lakukan saja, toh kita ga akan merasakan
perbedaan berarti selain hal-hal di atas, baru setelah menemukan
bengkel yang menyediakan Nitrogen, ban tersebut dikuras anginnya dan
diisi dengan Nitrogen murni. Harga mengisi Nitrogen dari nol adalah
10.000, dengan berbagai keuntungan tersebut di atas. Dan biasanya tutup
pentil diganti dengan tutup khusus berwarna hijau.