Wednesday, March 27, 2013

Rentan Keamanan, BB 10 Ditolak Pemerintah Inggris

London - Salah satu pasar yang diincar BlackBerry dalam memasarkan BlackBerry 10 adalah sektor pemerintahan. Namun karena dirasa rentan keamanan, pemerintah Inggris menolaknya.
Setelah pemeriksaan keamanan yang ketat oleh grup dari keamanan komunikasi elektronik di Inggris, hasil yang diperoleh menyatakan bahwa sistem operasi BlackBerry 10 baru tidak aman untuk digunakan oleh para pekerja pemerintahan di Inggris.

Ini cukup mengejutkan mengingat sistem operasi BlackBerry 7 sebelumnya adalah satu dari beberapa platform yang telah berhasil lulus tes tersebut, untuk dapat digunakan di level keamanan 'Restricted', yakni dua level di bawah tingkat keamanan 'Top Secret'.

Namun platform BlackBerry 10 terbaru ini untuk menembus level keamanan 'Restricted' pun tidak memungkinkan. Padahal level kemananan ini adalah paling rendah dan menjadi standar dari level keamanan yang dapat digunakan pemerintah di Inggris.

Penyebabnya adalah karena fitur BlackBerry Balance, yang dapat membuat dua profil berbeda di perangkat BlackBerry 10, yakni satu untuk kepentingan bisnis dan satu untuk profil pribadi. Dilansir PhoneArena, masih belum jelas mengapa fitur ini menyebabkan masalah.

Ini jelas pukulan telak bagi BlackBerry. Pasalnya, sektor pemerintah adalah pasar yang secara tradisi sangat kuat bagi para produsen untuk memasarkan produknya.Sepertinya BlackBerry 10 akan mengalami kerugian besar jika tidak dapat menjangkau pasar di sektor pemerintah.
Kita tunggu saja apa yang akan dilakukan pihak BlackBerry dalam mengantisipasi masalah ini.(Joe)