Friday, February 22, 2013

3 hal penting yang anda harus ketahui dalam berbisnis (Psikologi Bisnis)

multi level marketingBanyak orang yang ingin sukses memang perlu belajar dari orang lain, tetapi sebaiknya hanya dipermulaan saja. Sebab banyak peniru-peniru bisnis hanya jadi pengekor dan menjadi lahan subur bagi “multi level marketing”yang kadang anda menjadi sapi perahan up-line. Anda hanya down-line saja maka tetap saja anda peniru. Banyak ahli psikologi mengamati tentang perilaku enterpreuner yang sukses. Namun meskipun mereka suskes mengamati perilaku para bisnisman sukses bukan berarti mereka juga suskes dalam berbisnis. Mengapa hal itu terjadi? Ada 3 alasan penting:
Pertama, mengamati dan mengetahui perilaku bisnis tidak berarti menjadi hebat, sebab ada jarak antara “pengetahuan’ dan “kemampuan” berbisnis. Jadi yang harus anda kuasai adalah bukan sekedar pengetahuan tetapi juga kemampuan berbisnis
Kedua, menyukai perilaku dan kesuksesan berbisnis tidak berarti anda akan segera menjadi sukses. Menjadi bisnisman bukanlah suatu angan-angan dan kesukaan, tetapi penuh perjuangan dan motivasi hidup dan mati. Jadi anda tidak cukup menjadi orang yang suka menjadi orang kaya dan sukses, tetapi anda harus berpikir dan berperilaku dengan kriteria orang sukses.
Ketiga, meniru orang suskes tidak berarti anda akan menjadi orang sukses, sebab tindakan meniru selalu meninggalkan jejak “keterbelakangan” atau “ketertinggalan”. Maka jangan segera anda menjadi peniru orang sukses, tetapi pahami mengapa seseorang menajdi sukses. Jadi temukan intisari kesuksesannya dan peraslah menjadi pola pikir, pola laku dan bertindaklah.